Cara Membuat Topi Rajut Bayi Untuk Pemula

Cara Membuat Topi Rajut Bayi Untuk Pemula. Halo, salam jumpa lagi disini. Kali ini kami akan share tentang cara membuat rajutan topi untuk buah hati tercinta kita. Topi rajut ini termasuk yang mudah dibuat, bahkan untuk pemula sekalipun.
 
 

Alat dan Bahan untuk Membuat Topi Rajut Bayi

Untuk membuat topi rajut ini, tentunya alat yang dibutuhkan adalah crochet hook atau yang juga sering disebut dengan hakpen, hookpen, hakken atau jarum rajut. Adapun ukuran hakpen yang saya gunakan pada project ini adalah ukuran 4.00 mm. Bagi teman – teman yang memiliki hakpen dengan sistem ukuran berbeda, dapat melihat artikel kami sebelumnya mengenai Konversi Ukuran Hakpen.
Sedangkan bahan yang saya gunakan pada project rajuan ini adalah benang rajut jenis milk cotton. Saya menggunakan benang jenis ini karena teksturnya yang lembut sehingga nyaman dipakai oleh buah hati tercinta. Artikel terkait jenis benang rajut dapat teman – teman baca pada artikel Mengenal Jenis – jenis Benang Rajut.
Warna benang yang digunakan juga sesuai dengan keinginan kita. Saya menggunakan warna ungu dan putih.
 

Cara Membuat Topi Rajut Bayi

Pada project topi rajut bayi ini, dibagi menjadi 3 bagian yaitu bagian atas / mahkota, bagian samping / tubuh topi, dan tepian untuk finishing.
Pola rajutan topi bayi ini saya peroleh dari sarakayhartmann.com yang saya translasikan dalam Bahasa Indonesia. Pola ini dibuat dalam 3 ukuran yaitu 0 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.
Berikut ini polanya.
 

MAHKOTA

Semua Ukuran
Buatlah adjustable ring.
Baris 1 : Ch 3 (dihitung sebagai dc), 11 dc pada ring, sl st untuk membentuk lingkaran, tarik benang pada adjustable ring untuk mengencangkan lingkaran. jumlah :12 dc.
cara membuat topi rajut bayi
Baris 2: Ch 3 (dihitung sebagai dc), dc pada dc yang sama, 2 dc pada setiap st hingga selesai, sl st pada dc pertama untuk menyambung lingkaran. Jumlah : 24 dc.
Baris 3: Ch 3 (dihitung sebagai dc), dc pada dc yang sama, dc pada dc selanjutnya *2 dc pada dc pertama, dc pada dc berikutnya; ulangi dari tanda * hingga menjadi lingkaran penuh, sl st pada dc pertama untuk menyambung lingkaran. Jumlah : 36 dc. 
Baris 4: Ch 3 (dihitung sebagai dc), dc pada dc yang sama, dc pada 2 dc berikutnya, *2 dc pada dc berikutnya, dc pada 2 dc berikutnya; ulangi dari tanda * hingga menjadi lingkaran penuh, sl st pada dc pertama untuk menyambung lingkaran. Jumlah : 48 dc. 
Baris 5: Ch 3 (dihitung sebagai dc), dc pada dc yang sama, dc pada 3 dc berikutnya, *2 dc pada dc berikutnya, dc pada 3 dc berikutnya; ulangi dari tanda * hingga menjadi lingkaran penuh, sl st pada dc pertama untuk menyambung lingkaran. Jumlah : 60 dc. 

HANYA untuk ukuran 6 Bulan and 12 Bulan

Baris 6: Ch 3 (dihitung sebagai dc), dc pada dc yang sama, dc pada 4 dc berikutnya, *2 dc pada dc berikutnya, dc pada 4 dc berikutnya; ulangi dari tanda * hingga menjadi lingkaran penuh, sl st pada dc pertama untuk menyambung lingkaran. Jumlah : 72 dc.

HANYA untuk ukuran 12 Bulan

Baris 7: Ch 3 (dihitung sebagai dc), dc pada dc yang sama, dc pada 11 dc berikutnya, *2 dc pada dc berikutnya, dc pada 11 dc berikutnya; ulangi dari tanda * hingga menjadi lingkaran penuh, sl st pada dc pertama untuk menyambung lingkaran. Jumlah : 78 dc.
 

BAGIAN TUBUH TOPI

Semua Ukuran
Baris 6 (7, 8): Ch 3 (dihitung sebagai dc), dc pada setiap dc, sl st pada dc pertama untuk menyambung lingkaran.
 
Baris 7-13 (8-15, 9-17): Ch 3 (dihitung sebagai dc), dc pada setiap dc, sl st pada dc pertama untuk menyambung lingkaran. Pada bagian ini saya mengkombinasikan dengan benang yang warnanya berbeda dengan bagian mahkota.
 
Baris Tepi: Ch 1, lakukan rev sc (crab stitch) paada setiap dc, sl st pada rev sc pertama untuk menyambung lingkaran.
 

Finishing

Kunci benang pada akhir rajutan agar tidak terlepas.

 

Nah, itulah cara membuat Topi Rajut Bayi Untuk Pemula. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

masbei

1 Komentar