Belajar Cara Merajut : Alat dan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Project Rajutan

Belajar Cara Merajut : Alat dan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Project Rajutan. Merajut merupakan salah satu kegiatan yang lazim dilakukan oleh para wanita. Banyak yang melakukan kegiatan ini hanya untuk sekedar hobi atau iseng memanfaatkan waktu luang mereka.
Memang, merajut atau merenda merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Namun, banyak juga yang melakukannya juga karena motif ekonomi. Hasil rendaan mereka dapat dijual atau mereka menerima pesanan project renda. Nah, anda tertarik untuk belajar merenda namun belum tau apa saja alat rajut dan bahan yang dibutuhkan? Berikut ini artikel dari kami yang berjudul Belajar Cara Merajut : Alat dan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Project Rajutan, semoga dapat membantu para pembaca sekalian.
cara merajut

Belajar Cara Merajut : Alat dan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Project Rajutan

Alat Rajut : Crochet Hook/ Hakken / Hakpen Untuk Merajut Crochet

Alat rajut yang pertama adalah hakpen. Bagi anda yang sama sekali baru belajar merajut, perlu diketahui bahwa ada beberapa cara untuk membuat rajutan. Namun, yang paling banyak digunakan atau paling populer ada 2 macam cara merajut. Cara yang pertama adalah dengan crocheting atau juga ada yang menyebut dengan renda 1 jarum dan cara kedua adalah knitting atau sering disebut dengan istilah knitting.
alat rajut

Salah satu alat rajut yang wajib dimiliki untuk project crochet. Gambar : tokopedia.com/rt04shop

Crochet hook / Hakken atau sering disebut dengan nama hakpen merupakan alat utama dalam kegiatan merajut crochet. Alat ini berupa batang dengan ujung berbentuk pengait yang berfungsi untuk membentuk benang menjadi pola – pula rajutan. Hakken atau hakpen ini dibuat dalam beberapa ukuran dimana setiap ukuran biasanya digunakan menyesuaikan dengan tebal / diameter benang yang digunakan. Selain ukurannya yang berbeda – beda, bahan pembuatannyapun juga bervariasi, mulai dari bahan besi, aluminimum, plastik dan juga kayu.

Benang Rajut | Belajar Cara Merajut

Tentu saja dalam kegiatan / belajar merajut, benang rajut merupakan bahan utama dalam pembuatan kreasi rajutan. Benang rajut ini memiliki ukuran dan bahan pembuat yang beraneka macam, mulai dari polyester, rayon, katu, wool dan lain – lain.
Penggunaan benang ini disesuaikan dengan project yang akan kita kerjakan, misalnya kita dapat menggunakan benang dari wool sintetis untuk membuat project merajut taplak meja, atau kita gunakan benang rajut katun saat membuat sepatu bayi.
Selain bahannya yang bervariasi, ukurannya pun juga beragam. Ukuran benang akan berpengaruh terhadap ukuran hasil jadi project kita. Jadi jika kita membuat project merajut dengan mengikuti pola yang sudah tersedia, pastikan dulu ukuran benang dan hakpen yang digunakan agar hasilnya sesuai dengan pola / tutorial merajut.

baca juga : Inilah Jenis – Jenis Benang Rajut

Alat Pembantu Merajut | Belajar Cara Merajut

Selain alat dan bahan di atas, dalam merajut juga dibutuhkan beberapa alat dan bahan pembantu untuk memudahkan kita dalam merajut. Alat dan bahan yang sering dibutuhkan saat merajut antara lain :
  • Peniti rajut (stitch mark). Alat rajut ini berfungsi untuk menandai rajutan yang sudah kita buat. Misalnya untuk menandai bagian dimana kita mulai merajut agar nantinya kita tau dimana kita harus berhenti
  • Jarum rajut (jarum tapstery). Jarum rajut berguna untuk merapikan sisa benang pada akhir rajutan. Dengan jarum rajut ini, kita menjadi lebih mudah untuk menyelipkan sisa benang agar tidak terlihat dan hasul rajutan menjadi lebih rapi. Jarum rajut berbentuk seperti jarum jahit tangan biasa namun memiliki lubang benang yang lebih besar dan ada yang dibuat dari bahan plastik
  • Gunting. Yak, tentunya kita membutuhkan gunting untuk memotong benang rajut. Namun perlu diingat, beberapa jenis benang sebaiknya dipotong dengan menggunakan api.
  • Korek api. Ada beberapa benang yang jika diotong dengan gunting akan pecah / lepas pintalannya, dengan memotong menggunakan korek, kita dapat mengatasi hal tersebut
  • Penggaris / meteran. Dalam merajut, menentukan ukuran merupakan hal krusial terutama untuk project yang wearable seperti sepatu bayi, topi, dan sebagainya. Oleh karena itu, kita harus mengukur project kita agar hasilnya tidak kebesaran / kekecilan
Itulah artikel dari kami tentang Belajar Cara Merajut : Alat dan Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Project Rajutan. Semoga dapat membantu para pembaca sekalian dalam mengenal dunia rajut terutama alat rajut. Terima kasih.

masbei

2 Komentar